Kamis, 21 Februari 2013

Alat Musik Moderen

Posted by Unknown on 17.42 with No comments

1.Gitar
Gitar adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagiandari logam / Metal dan terdapat 6 tali / senar untuk dimainkan. Bagian atas danbawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terikat pada Pegs ataupemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar digunakan untuk Tuning. Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetiksenarnya, orang orang langsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta andabisa bermain gitar untuk bernyanyi dan berdansa. Disaat sendiri suara yangdihasilkan bagai sebuah Orchestra kecil

2. Piano
Piano merupakan alat musik yang bisa dikategorikan sebagai bagian darifurnitur yang indah, yang bisa dijadikan pajangan dirumah.Perbedaannya, furnitur yang satu ini dilengkapi dengan mesin modern yangberfungsi untuk memainkan musik sebagai hiburan. Karenanya alat musik inimembutuhkan perawatan yang baik dari loe si pemiliknya.



3. Drum

Drum sebenarnya bermacam-macam. Ada Snare, Tom-tom, bass, conga,
tymbal, mondo, bedug, tabla…..dll. Mereka sebenarnya adalah drum, karena
memainkannya dengan cara dipukul. Tetapi yang kita bahas adalah DRUMSET,yang bisa dibilang bentuk drum paling modern. Drumset itu sendiri sebenarnyaterdiri atas 3 drum, yaitu Snare, Tom-tom dan Bass drum. Untuk Tom-tommasih dapat dibagi dua lagi, yaitu : Mounted tom dan floor tom-tom(tergantung dari peletakan dan diameter saja). Dari ke tiga unsur tersebutmasih ada beberapa unsur penting lagi, yaitu cymbal, hardware, (pedal, hihatstand, cymbal stand,snare stand, tom holder/tom stand) dan drumhead.

4. Gitar Bass

bass,sering kita dengar bahkan pernah memainkan alat musik seperti ini. bassdalam suatu insturmen musik adalah yang sangat penting kedudukanya. basssangat berpengeruh dalam bagus tidaknya suatu aransement musik.dalamartian bass disinisangat fenting manfaatnya. mungin dalam bentuk bass disinisangat tidak memiliki model pariasi yang bagus tetapi kdeudukanya sangatfenting dalam suatu instrumen musik. bass disini juga suaranya kita ketahuitidak sebagus dari suara gitar yang dibunyikan dengan alunan distorsi, tetapibass ini dalam alunan musik rock sangat berkreasi seperi pada saat orangmemainkanya dengan bentuk slapp bass, dan kita tahu bahwa suara yangdikeluarkan sangat beranekaragam apabila kita pintar memainkanya.

5. Biola

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan caradigesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbedasatu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang palingrendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola dancello, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yanglainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertasmusik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis padakunci G.

5. Obo
Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalahketurunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancishautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masihdisebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yangmemainkan obo disebut obois.

6.Saksofon

Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluargabrasswind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkanmenggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakanciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkandengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnyaditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.





7. Flute

Flute adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Flutemodern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasikeduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak,atau logam yang dilapisi perak.

0 komentar:

Posting Komentar